Pertumbuhan Primer dan Pertumbuhan Sekunder

     Pada akhir perkecambahan terbentuk akar, batang, dan daun. Selanjutnya tumbuhan mengalami
pola-pola pertumbuhan seperti berikut.
1. Pertumbuhan Primer
     Pertumbuhan primer adalah pertumbuhan yang terjadi akibat aktivitas meristem apikal. Pada peristiwa ini terjadi proses pembelahan dan diferensiasi sel yang mengakibatkan akar dan batang tumbuh memanjang. Meristem apikal terdapat pada ujung batang dan ujung akar. Meristem apikal dibagi menjadi tiga daerah yaitu daerah pembelahan, pemanjangan (elongasi), dan diferensiasi.
2. Pertumbuhan Sekunder
     Pertumbuhan sekunder terjadi akibat aktivitas pembelahan mitosis pada jaringan meristem sekunder (meristem lateral) sehingga mengakibatkan diameter batang dan akar bertambah besar. Ada dua macam meristem lateral, yaitu kambium vaskuler dan kambium gabus.
    Kambium gabus terletak diantara xilem dan floem. Aktivitas kambium ini mengakibatkan pembelahan sel ke arah dalam membentuk xilem dan ke arah luar membentuk floem. Pertumbuhan ke arah dalam lebih besar sehingga xilem yang dihasilkan lebih tebal daripada floem. Pembemtukan xilem dan floem dipengaruhi oleh musim. Pada musim hujan, lapisan yang terbentuk lebih tebal daripada musim kemarau. Perbedaan pertumbuhan ini mengakibatkan terbentuknya lingkaran tahun.
     Kambium gabus merupakan jaringan pelindung yang menggantikan fungsi jaringan epidermis yang rusak/mati. Pada lapisan peridermis jaringan kambium gabus terdapat felogen yang bersifat meristematis. Aktivitas felogen mengakibatkan pembelahan ke arah dalam membentuk feloderma dan ke arah luar membentuk felem.

Komentar

Postingan populer dari blog ini